Selasa, 13 Desember 2011

makalah teori organisasi

KONTRIBUSI-KONTRIBUSI PENTING
Ada beberapa karya penting yang mengikhtisarkan kajian-kajian literatur tentang lingkungan organisasi, seperti :
A.    Burns dan Stalker
Dari surve pada duapuluh perusahaan inggris dan skotlandia, mereka mencoba mengevaluasi kondisi lingkungan perusahaan atas dasar tingkat perubahan dalam teknologi ilmiah dan pasar yang relevan dari produk mereka. Mereka menemukan jenis struktur org anisasi yang ada dalam lingkungan yang  berubah secara cepat dan dinamis. Burns menamakan kedua stuktur tesebut sebagai organis dan mekanistis.
Struktur mekanis dicirikanoleh kompleksitas, fomalitas, dan sentralitas yang tinggi. Mereka melakukan tugas-tugas rutin, dengan sangat mengantungkan diri kepada prilaku yang diprogramkan, dan elatif lamban dalam menanggapi keadan yang tidak dikenalnya. Struktur organis relatif fleksible dan dapat menyesuaikan diri dengan menekankan pada komunikasi lateral ketimbang yag vertikal, pengaruh yang didasarkan pada keahlian dan pengetahuan ketimbang pada wewenang jabatan, tanggung jawab yang yang ditetapkan supaya bebas ketimbag devinisi kerja yag kaku dan penekanan pada pertukaran informasi ketimbangan pemberian pengarahan. Burns dan stalker yakin bahwa struktu yang paling efektif adalah yang menyesuaikan diri pada kebutha lingkungan yang berarti mengunakan desain mekanistis dalam suatu lingkungan yang stabil dan pasti, dan suatu bentuk organis dalam lingkungan yang kacau. Tetapi mereka mengakui bahwa bentuk mekanistis dan organis merupakan jenis-jenis ideal yang saling bertolak belakang.
KARAKTERISTIK
MEKANISTIS
ORGANIS
Definisi tugas
Kaku
Fleksible
Komunikasi
Vertikal
Lateral
Formalisasi
Tinggi
Rendah
Pengaruh
Wewenang
Keahlian
Kontrol
Disentralisasi
Bermacam-macam

B.     Emery dan Trist
Fred Emery dan Eric Trist mempunyai pandangan yang lebih rumit dengan menawarkan model yang mengidentifikasi empat macam lingkungan yang mungkin dihadapi organisasi .
1.      Lingkungan Placid randomized  dilukiskan sebagai analog dengan pernyataan para ahli ekonomi mengenai persaingan murni dimana terdapat cukup banyak pembeli untuk menyerap produk organisasi , dan apapun yang dilakukan organisasi tidak akan mempengaruhi pasar. Dalam keadaan demikian, ketakpastian rendah, selain itu karena prubahan itu lambat dan acak, pengambilan keputusan manajerial kemungkinan besar tidak akan memperhatikan lingkungan.
2.      Lingkungan Placid-clustered mengambarkan lembaga-lembaga kebutuhan masyarakat yang memepunyai pabrik tenaga listrik nuklir. Jika lembaga tersebut mencoba untuk membuat persetujuan dengan sebuah elemen dari lingkungannya secara sepihak. Tanpa memberikan perhatian yang cukup terhadap dampak potensial bagi elemen lingkungan yang terorganisasi lainya. Maka ia membuka kemugkinan terjadi reaksi yang bergabung . jadi organisasi dalam lingkungan ini dimotivasi untuk melakukan perencanaan  janka panjang, dan struktur mereka cenderun untuk disentralisas.
3.      Lingkungan distrubed-ractive lebih kompleks dari dua terdahulu. Terdapat banyak pesaing yang mencari tujuan sama. Satu organisasi atau lebih dalam lingkungan dapat menjadi demikian besar sehingga dapat mempengaruhi lingkungan mereka maupun lingkungan organisasi lain. Organisasi yang menghadapi lingkungan ini mengembangkan serangkaian inisiatif taktis, memperhitungkan reaksi yang lain dan menyusun strategi tindakan balik. Persainga ini memebutuhkan fleksibelitas agar dapat bertahan hidup, dan struktur organisasi tersebut cederung kearah disentralisas.
4.      Lingkungan Turbulent-field adalah yang paling dinamis dan memepunyai tak kepastian paling besar. Perubahan selalu terjadi dan elemen dalam lingkungan semakin  saling berhungan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar